Jumat, 16 Mei 2008

News-Indopos : Bango Peduli UKM

Meningkatnya omset yang diraup pedagang kecil dari tahun ke tahun membuat PT Unilever Indonesia Tbk kian bergairah memberikan peluang bisnis kepada usaha kecil menengah (UKM). Caranya dengan membuka kesempatan ikut dalam ajang Festival Jajanan Bango (FJB).

FJB yang sudah digelar empat kalinya itu tahun ini akan berlangsung di tiga kota, dimana Surabaya. terpilih sebagai kota perdana. Kota berikutnya adalah Bandung dan kemudian berakhir di Jakarta. Namun, jadwalnya belum ditentukan.

Menurut Brand Manager Bango Memoria Dwi Prasita, omset yang diperoleh pedagang makanan selama mengikuti FJB 2004-2007 terus meningkat. Karena itu, pesertanya terus membeludak, sehingga dilakukan seleksi menyangkut eksistensi dan dedikasi berbisnis. Minimal sudah lima tahunan berdagang makanan yang sama. Jadi, kata dia, besarnya dampak UKM di bidang makanan
dan minuman telah dirasakan penjaja makanan dan minuman yang ikut sebagai Duta Bango FJB.

"FJB begitu banyak melibatkan pedagang jajanan. Ini tentu meningkatkan omset mereka baik saat menjadi peserta FJB maupun setelah kembali ke asal masing-masing. Soalnya Bango mempromosikan mereka," ujar Memoria usai acara tumpengan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Bango ke 80 di Restoran Bumbu Desa, bilangan Cikini, Jakarta, Jumat kemarin.

Pada FJB 2005, lanjut Memoria, omset yang diperoleh pedagang sebesar Rp 350 juta sehari. Ini diperoleh dari prestasi jumlah pengunjung ke FJB sebanyak 47 ribu orang. Kemudian FJB 2006, omsetnya naik menjadi Rp 715 juta sehari dengan jumlah pengunjung 95 ribu orang dan 164 macam
jajanan. Di FJB 2007, panitia terus meningkatkan jumlah jajanan sebanyak 215 macam. Hasilnya, jumlah pengunjung kembali meningkat sebanyak 255 ribu dengan pendapatan Rp 2,8 miliar. (ers)

Indo Pos - Rabu, 14 Mei 08

1 komentar:

Cyberlife mengatakan...

boleh mampir ya mas... kl pas lewat di cyberworld ini, mampir diblogku yah..sklalian klik iklannya